PROPOSAL BISNIS ( TUGAS KEWIRAUSAHAAN )



PROPOSAL BISNIS
USAHA SOSIS BAKAR



NAMA : MARIA YOHANA
NPM : 16214290
KELAS : 3EA47








KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya sehingga Proposal ini bisa saya selesaikan dengan baik.
Proposal berjudul Kewirausahaan Sosis Bakar ini berisikan uraian tentang Kelayakan usaha ini di dalam segala aspek yang berkaitan dengan kuliner jajanan yang sehat dan layak untuk di perdagangkan.
Saya menyadari bahwa proposal ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi untuk lebih baiknya di kemudian hari.
Terima Kasih
Tangerang, 12 Mei 2017
Penyusun
Maria Yohana – 16214390










BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Siapa tak kenal sosis ? Sosis merupakan produk olahan daging yang digemari masyarakat Indonesia khususnya anak-anak. Rasanya gurih dan kenyal mirip seperti bakso. Proses pembuatannya, daging atau ikan yang dicincang dan dihaluskan serta diberi bumbu, rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya yang kemudian dibungkus dalam selongsong berbentuk bulat panjang, baik yang terbuat dari usus hewan maupun pembungkus buatan. Sosis yang sering kita makan selama ini dibuat dari bahan yang bersumber dari bahan hewani, misalnya daging sapi, daging ayam, daging ikan, dan lain – lain. Seiring dengan perkembangan jaman, masakan Sosis kini semakin berkembang. Salah satunya adalah Sosis Bakar. Sosis bakar sekarang ini mulai ngetren di kalangan anak muda. Sosis Bakar merupakan Peluang Usaha yang sangat menjanjikan. Anda dapat menawarkan sosis yang berbeda kepada konsumen, dengan menjual sosis yang sudah memiliki rasa, tidak seperti umumnya sosis yang dijual di pasaran. Rasa yang ditawarkan misalnya sosis dengan bumbu balado, bumbu kacang, dan rasa ayam bakar sehingga membuat terasa lebih gurih dan enak. Variasi rasa ini membuat konsumen menyukai sosis yang Anda jual. Sosis adalah makanan yang dibuat dari daging ayam yang telah dicincang kemudian dihaluskan dan diberi bumbu-bumbu, dimasukkan ke dalam pembungkus yang berbentuk bulat panjang yang berupa pembungkus buatan, dengan dimasak maupun diasapkan.
1.2  Tujuan
Adapun tujuan dari Usaha ini adalah Merumuskan Kelayakan Usaha Sosis Bakar yang berlokasi di Jl. Anoa 1 Perumnas 2 Tangerang. Dilihat dari Aspek Tempatnya cukup strategis dengan perdagangan sosis dikalangan anak-anak dan remaja dan untuk mengetahui apakah usaha tersebut memenuhi kriteria – kriteria kelayakan, baik dalam segi permodalan maupun pemasarannya.

1.3 Manfaat
Adapun manfaat dari hasil obsevasi ini yaitu :
1.      Untuk mengamati para wirausaha di sekitar lingkungan.
2.       Mencari tahu pengalaman para wirausaha
3.      Menjadi termotivasi untuk mengembangkan bakat dalam berwirausaha
4.       Menemukan ide-ide pengembangan usaha yang cocok.
5.      Mengembangkan bakat dan kemampuan dalam berwirausaha
Banyak cara yang bisa digunakan untuk menikmati sosis. Ada juga yang disajikan dengan cara digoreng namun untuk meminimalisir kolesterol sebaiknya diolah dengan cara dibakar. Ada juga yang menjadikan sosis sebagai campuran mie, nasi goreng, dan juga omelet. Karena sangat mudah dalam pengolahan, kalian bisa menggunakannya untuk menu sarapan.
Manfaat daging sapi yang terkandung didalam sosis sendiri mengandung asal oleat yang baik bagi kesehatan jantung. Bahkan, asam lemak tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Masih ada manfaat lain dari sosis yang kalian konsumsi, yaitu bisa menjadi sumber protein dengan kualitas yang tinggi. Nutrisi yang terkandung didaging sapi antara lain adalah vitamin B, zat besi, dan juga zink. Semuanya bisa membantu kalian menambah energi sehingga pagi jadi lebih semangat.






BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Lokasi
Lokasi Usaha Sosis Bakar ini di halaman rumah saya. Diperkiran permintaan konsumen dilokasi tersebut sangat tinggi, hal ini terjadi karena letak usaha yang sangat strategis. Tempatnya yaitu di Jl. Anoa 1 Perumnas 2 Tangerang
2.2 Resep Osis Bakar
Bahan
1.      Sosis Ukuran Kecil
2.      Bumbu kacang
3.      Kecap
4.      Mentega
2.3 Kepemilikan dan Pengurus Usaha

Kepemilikan Usaha
Usaha Sosis Bakar ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik dan Pengurus : Maria Yohana
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah dikeluarkan sebesar Rp 325.000  berupa keperluan peralatan usaha.
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dalam pembangunan usaha Sosis Bakar ini adalah:
* Kartu keluarga
* Kartu tanda penduduk (KTP)
2.4 Aspek Pemasaran

Produk dan Segmentasi Pasar
Usaha Sosis Bakar merupakan kegiatan menjual sosis ukuran kecil, dimana rate keuntungan dihitung berdasarkan permintaan dari konsumen. Sedangkan segmentasi pasar Sosis Bakar ini adalah anak-anak dan masyarakat disekitar perumahan tersebut.
Permintaan Produk
Penjualan setiap harinya, diperkirakan efektifitas penjualan yaitu sekitar 25 tusuk sosis ukuran kecil perhari, dengan harga per tusuk Rp 2.500 , Rp 2.500 x 25 = Rp 62.500 Pesaing
Pada lokasi tersebut belum ada pedagang sosis lain, hanya ada para penjual jajanan yang lain – lainnya, pesaing yang ada berjarak 1 km, sehingga dianggap bukan pesaing.
Jam Operasi Usaha
Usaha ini beroperasi mulai pukul 10.00 WIB s.d. 22.00 WIB. Setiap hari buka
RINCIAN ANGGARAN MODAL
PENGEMBANGAN USAHA KULINER SOSIS BAKAR
Kompor gas                                   1   unit                                                       Rp 250.000,-
Sosis                                       1 lusin  isi 12                                                     Rp  20.000,-
Margarin                                      1kg                                                              Rp  10.000,-
Saus belibis                                  1kg                                                              Rp  15.000,-
Tusukan sate                             1pak(isi100)                                                    Rp   10.000,-
kecap                                             1liter                                                          Rp.  15.000,-

A. Segmentasi, Targeting dan Positioning
a. Segmentasi
Yang menjadi segmen dari Sokar kami yang terutamanya adalah anak-anak tetangga ataupun masyarakat daerah lain pada umumnya. Yang senang dan suka menikmati enaknya Sosis Bakar yang kami telah olah menjadi makanan yang lezat dan sehat.
b. Targeting
Dan yang menjadi target market adalah anak-anak dan remaja yang ada di daerah perumahan pada umumnya, ataupun kami akan memasarkan diluar daerah lainnya ataupun  daerahnya yang berpenduduk lumayan banyak.
c. Positioning
Kami ingin menempatkan image atau cita rasa Sosis Bakar yang dipadukan dengan rasa bumbu yang bervariasi, yang dibenak konsumen sebagai Sosis Bakar yang enak dan lezat. Karena bahan – bahan pilihan yang sehat dan berkualitas, dengan rasanya yang lezat dengan harga yang pas. Dan konsumen yang mengkonsumsi Sosis bakar kami tidak akan menyesal karena rasanya yang enak dan lezat.
B. Permintaan

a. Perkembangan permintaan
Permintaan Sosis Bakar semakin meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi tubuh,
b. Prospek permintaan dimasa yang akan datang
Membanjirnya berbagai produk makanan siap saji yang serba instan dimasyarakat akan menyebabkan kondisi persaingan produk-produk yang berbahan pengawet.

c. Penawaran
Perkembangan penawaran disektor usaha Sosis Bakar mungkin masih terlihat relatif lemah, karena belum dikelola secara serius. Oleh karena itu agar usaha Sosis Bakar olahan kami menjadi lebih baik, perlu ditingkatkan penawaran.














BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Usaha sosis bakar tetap menjadi sebuah usaha tradisional kecil-kecilan yang berusaha bertahan ditengah maraknya berbagai usaha modern. Usaha Sosis Bakar ini bisa menjadi usaha yang mampu sukses dan berkembang jika terus dikelola dengan baik dan di kembangkan sesuai dengan perubahan masyarakat sekarang ini. Oleh karena itu, walaupun usaha ini terbilang kecil – kecilan atau terlihat sederhana tetapi jika di jalankan dengan baik Usaha Sosis Bakar ini sangat layak untuk di perdagangkan, apalagi jika usaha ini di operasikan di tempat – tempat keramaian seperti sekolah atau perumahan maka dengan sendirinya konsumen akan singgah dan membeli jajanan di tempat usaha ini.
Saran
Kami menyadari makalah obsevasi ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi untuk lebih baiknya di kemudian hari

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 : ARTIKEL ETIKA BISNIS

Perkembangan usaha bisnis