PROPOSAL BISNIS ( TUGAS KEWIRAUSAHAAN )
PROPOSAL
BISNIS
USAHA
SOSIS BAKAR
NAMA
: MARIA YOHANA
NPM
: 16214290
KELAS
: 3EA47
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kepada
Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya sehingga Proposal ini bisa saya
selesaikan dengan baik.
Proposal berjudul Kewirausahaan
Sosis Bakar ini berisikan uraian tentang Kelayakan usaha ini di dalam segala
aspek yang berkaitan dengan kuliner jajanan yang sehat dan layak untuk di
perdagangkan.
Saya menyadari bahwa proposal
ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari
semua pihak sangat kami harapkan demi untuk lebih baiknya di kemudian hari.
Terima Kasih
Terima Kasih
Tangerang, 12 Mei 2017
Penyusun
Maria Yohana – 16214390
Maria Yohana – 16214390
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Siapa tak
kenal sosis ? Sosis merupakan produk olahan daging yang digemari masyarakat
Indonesia khususnya anak-anak. Rasanya gurih dan kenyal mirip seperti bakso.
Proses pembuatannya, daging atau ikan yang dicincang dan dihaluskan serta
diberi bumbu, rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya yang kemudian dibungkus
dalam selongsong berbentuk bulat panjang, baik yang terbuat dari usus hewan
maupun pembungkus buatan. Sosis yang sering kita makan selama ini dibuat dari bahan
yang bersumber dari bahan hewani, misalnya daging sapi, daging ayam, daging
ikan, dan lain – lain. Seiring dengan perkembangan jaman, masakan Sosis kini
semakin berkembang. Salah satunya adalah Sosis Bakar. Sosis bakar sekarang ini
mulai ngetren di kalangan anak muda. Sosis Bakar merupakan Peluang Usaha yang
sangat menjanjikan. Anda dapat menawarkan sosis yang berbeda kepada konsumen,
dengan menjual sosis yang sudah memiliki rasa, tidak seperti umumnya sosis yang
dijual di pasaran. Rasa yang ditawarkan misalnya sosis dengan bumbu balado,
bumbu kacang, dan rasa ayam bakar sehingga membuat terasa lebih gurih dan enak.
Variasi rasa ini membuat konsumen menyukai sosis yang Anda jual. Sosis adalah
makanan yang dibuat dari daging ayam yang telah dicincang kemudian dihaluskan
dan diberi bumbu-bumbu, dimasukkan ke dalam pembungkus yang berbentuk bulat
panjang yang berupa pembungkus buatan, dengan dimasak maupun diasapkan.
1.2
Tujuan
Adapun tujuan
dari Usaha ini adalah Merumuskan Kelayakan Usaha Sosis Bakar yang berlokasi di
Jl. Anoa 1 Perumnas 2 Tangerang. Dilihat dari Aspek Tempatnya cukup strategis
dengan perdagangan sosis dikalangan anak-anak dan remaja dan untuk mengetahui
apakah usaha tersebut memenuhi kriteria – kriteria kelayakan, baik dalam segi
permodalan maupun pemasarannya.
1.3 Manfaat
Adapun manfaat dari hasil
obsevasi ini yaitu :
1. Untuk
mengamati para wirausaha di sekitar lingkungan.
2. Mencari tahu pengalaman para wirausaha
3. Menjadi
termotivasi untuk mengembangkan bakat dalam berwirausaha
4. Menemukan ide-ide pengembangan usaha yang
cocok.
5. Mengembangkan
bakat dan kemampuan dalam berwirausaha
Banyak cara yang bisa digunakan
untuk menikmati sosis. Ada juga yang disajikan dengan cara digoreng namun untuk
meminimalisir kolesterol sebaiknya diolah dengan cara dibakar. Ada juga yang
menjadikan sosis sebagai campuran mie, nasi goreng, dan juga omelet. Karena
sangat mudah dalam pengolahan, kalian bisa menggunakannya untuk menu sarapan.
Manfaat daging sapi yang terkandung didalam sosis sendiri mengandung asal oleat yang baik bagi kesehatan jantung. Bahkan, asam lemak tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Masih ada manfaat lain dari sosis yang kalian konsumsi, yaitu bisa menjadi sumber protein dengan kualitas yang tinggi. Nutrisi yang terkandung didaging sapi antara lain adalah vitamin B, zat besi, dan juga zink. Semuanya bisa membantu kalian menambah energi sehingga pagi jadi lebih semangat.
Manfaat daging sapi yang terkandung didalam sosis sendiri mengandung asal oleat yang baik bagi kesehatan jantung. Bahkan, asam lemak tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Masih ada manfaat lain dari sosis yang kalian konsumsi, yaitu bisa menjadi sumber protein dengan kualitas yang tinggi. Nutrisi yang terkandung didaging sapi antara lain adalah vitamin B, zat besi, dan juga zink. Semuanya bisa membantu kalian menambah energi sehingga pagi jadi lebih semangat.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Lokasi
Lokasi Usaha Sosis Bakar ini di
halaman rumah saya. Diperkiran permintaan konsumen dilokasi tersebut sangat
tinggi, hal ini terjadi karena letak usaha yang sangat strategis. Tempatnya
yaitu di Jl. Anoa 1 Perumnas 2 Tangerang
2.2 Resep Osis Bakar
Bahan
1. Sosis
Ukuran Kecil
2. Bumbu
kacang
3. Kecap
4. Mentega
2.3 Kepemilikan dan Pengurus Usaha
Kepemilikan Usaha
Usaha Sosis Bakar ini merupakan
usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik dan Pengurus : Maria Yohana
Pemilik dan Pengurus : Maria Yohana
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah dikeluarkan
sebesar Rp 325.000 berupa keperluan
peralatan usaha.
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi
yang telah dimiliki dalam pembangunan usaha Sosis Bakar ini adalah:
* Kartu keluarga
* Kartu tanda penduduk (KTP)
2.4 Aspek Pemasaran
Produk dan Segmentasi Pasar
Usaha Sosis Bakar merupakan
kegiatan menjual sosis ukuran kecil, dimana rate keuntungan dihitung
berdasarkan permintaan dari konsumen. Sedangkan segmentasi pasar Sosis Bakar
ini adalah anak-anak dan masyarakat disekitar perumahan tersebut.
Permintaan Produk
Penjualan setiap harinya,
diperkirakan efektifitas penjualan yaitu sekitar 25 tusuk sosis ukuran kecil
perhari, dengan harga per tusuk Rp 2.500 , Rp 2.500 x 25 = Rp 62.500 Pesaing
Pada lokasi tersebut belum ada pedagang sosis lain, hanya ada para penjual jajanan yang lain – lainnya, pesaing yang ada berjarak 1 km, sehingga dianggap bukan pesaing.
Pada lokasi tersebut belum ada pedagang sosis lain, hanya ada para penjual jajanan yang lain – lainnya, pesaing yang ada berjarak 1 km, sehingga dianggap bukan pesaing.
Jam Operasi Usaha
Usaha ini beroperasi mulai pukul
10.00 WIB s.d. 22.00 WIB. Setiap hari buka
RINCIAN ANGGARAN MODAL
PENGEMBANGAN USAHA KULINER SOSIS BAKAR
Kompor
gas
1 unit
Rp 250.000,-
Sosis
1
lusin isi
12
Rp 20.000,-
Margarin
1kg
Rp 10.000,-
Saus
belibis
1kg
Rp 15.000,-
Tusukan
sate
1pak(isi100)
Rp 10.000,-
kecap
1liter
Rp. 15.000,-
A. Segmentasi, Targeting dan Positioning
a. Segmentasi
Yang menjadi segmen dari Sokar
kami yang terutamanya adalah anak-anak tetangga ataupun masyarakat daerah lain
pada umumnya. Yang senang dan suka menikmati enaknya Sosis Bakar yang kami
telah olah menjadi makanan yang lezat dan sehat.
b. Targeting
Dan yang menjadi target market
adalah anak-anak dan remaja yang ada di daerah perumahan pada umumnya, ataupun
kami akan memasarkan diluar daerah lainnya ataupun daerahnya yang berpenduduk lumayan banyak.
c. Positioning
Kami ingin menempatkan image
atau cita rasa Sosis Bakar yang dipadukan dengan rasa bumbu yang bervariasi,
yang dibenak konsumen sebagai Sosis Bakar yang enak dan lezat. Karena bahan –
bahan pilihan yang sehat dan berkualitas, dengan rasanya yang lezat dengan
harga yang pas. Dan konsumen yang mengkonsumsi Sosis bakar kami tidak akan
menyesal karena rasanya yang enak dan lezat.
B. Permintaan
a. Perkembangan permintaan
Permintaan Sosis Bakar semakin
meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi
tubuh,
b. Prospek permintaan dimasa
yang akan datang
Membanjirnya berbagai produk
makanan siap saji yang serba instan dimasyarakat akan menyebabkan kondisi
persaingan produk-produk yang berbahan pengawet.
c. Penawaran
Perkembangan penawaran disektor
usaha Sosis Bakar mungkin masih terlihat relatif lemah, karena belum dikelola
secara serius. Oleh karena itu agar usaha Sosis Bakar olahan kami menjadi lebih
baik, perlu ditingkatkan penawaran.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Usaha sosis bakar tetap menjadi sebuah usaha tradisional kecil-kecilan yang berusaha bertahan ditengah maraknya berbagai usaha modern. Usaha Sosis Bakar ini bisa menjadi usaha yang mampu sukses dan berkembang jika terus dikelola dengan baik dan di kembangkan sesuai dengan perubahan masyarakat sekarang ini. Oleh karena itu, walaupun usaha ini terbilang kecil – kecilan atau terlihat sederhana tetapi jika di jalankan dengan baik Usaha Sosis Bakar ini sangat layak untuk di perdagangkan, apalagi jika usaha ini di operasikan di tempat – tempat keramaian seperti sekolah atau perumahan maka dengan sendirinya konsumen akan singgah dan membeli jajanan di tempat usaha ini.
Usaha sosis bakar tetap menjadi sebuah usaha tradisional kecil-kecilan yang berusaha bertahan ditengah maraknya berbagai usaha modern. Usaha Sosis Bakar ini bisa menjadi usaha yang mampu sukses dan berkembang jika terus dikelola dengan baik dan di kembangkan sesuai dengan perubahan masyarakat sekarang ini. Oleh karena itu, walaupun usaha ini terbilang kecil – kecilan atau terlihat sederhana tetapi jika di jalankan dengan baik Usaha Sosis Bakar ini sangat layak untuk di perdagangkan, apalagi jika usaha ini di operasikan di tempat – tempat keramaian seperti sekolah atau perumahan maka dengan sendirinya konsumen akan singgah dan membeli jajanan di tempat usaha ini.
Saran
Kami menyadari makalah obsevasi ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi untuk lebih baiknya di kemudian hari
Kami menyadari makalah obsevasi ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi untuk lebih baiknya di kemudian hari
Ke untungan nya mana?
BalasHapushasil penelittian nya mana?
BalasHapus